Selamat Datang Saya Achmad Setiaji -Mencoba Berbagi Pengetahuan - Selamat Membaca

Monday 30 July 2012

About Fasilkom UI (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia )



Dalam dekade terakhir ini, perkembangan Ilmu dan Teknologi Komputer dan Informasi berlangsung sangat pesat. Ilmu Komputer/Informatika merupakan salah satu disiplin ilmu yang memicu inovasi berbagai teknologi baru, seperti teknologi multimedia dan Internet, yang mentransformasi kehidupan manusia.
Program Studi Ilmu Komputer/Informatika di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI)  memberikan kesempatan kepada para lulusan SMA/sederajat yang terbaik untuk mendapatkan pendidikan dan keahlian di bidang Ilmu Komputer pada tingkat sarjana (S1). Program ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga-tenaga muda yang terampil dan profesional di Teknologi Informasi.
Dengan pengalamannya selama 20 tahun, Program Studi Ilmu Komputer/Informatika Fasilkom UI telah diakui kemampuan dan kualitasnya dalam memberikan  pendidikan tingkat sarjana di bidang Ilmu Komputer/Informatika.
Program Studi Ilmu Komputer/Informatika menawarkan keseimbangan antara fondasi keilmuan yang kokoh dan keterampilan professional dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.  Fondasi Ilmu Komputer yang diberikan meliputi algoritma dan pemrograman, matematika diskret, basis data, sistem operasi, jaringan komputer,  arsitektur komputer, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, perancangan dan pemrograman web, serta sistem cerdas.
Untuk pengembangan keterampilan profesional, Program Studi Ilmu Komputer/Informatika menawarkan berbagai mata kuliah terapan (hard skills) yang dapat digolongkan ke dalam beberapa peminatan:
- Bidang minat Komputasi Ilmiah, meliputi : pengolahan citra, machine learning, komputasi numerik linear dan nonlinear.
- Bidang minat Teknologi Perangkat Lunak, meliputi: kriptografi dan keamanan informasi, sistem interaksi, metode formal dan teknik kompilator.
- Bidang minat Arsitektur Komputer dan Embedded Systems, meliputi: mikroelektronika, rancangan sistem digital, embedded systems, dan real-time systems.
Di samping itu, didalam proses belajar-mengajarnya, dikembangkan pula berbagai kemampuan soft skills, yakni kemampuan-kemampuan dalam berkomunikasi, bekerja dalam tim (kelompok), menulis karya ilmiah, berpikir kreatif dan inovatif serta memiliki etika profesi. Kemampuan-kemampuan tersebut menyatu di dalam kurikulum Program Studi Ilmu Komputer/Informatika dan dibangun melalui tugas-tugas kelompok, presentasi, diskusi, kerja praktek ke dunia industri atau bisnis, dan lain-lain.


Semester 1
Mata Kuliah
SKS
MPK Terintegrasi 1
6
Matematika Dasar 1
2
Fisika Dasar 1
3
Matematika Diskret 1
3
Dasar-Dasar Pemrograman
6
Jumlah
20













Semester 2
Mata Kuliah
SKS
MPK Terintegrasi 2
6
Struktur Data & Algoritma
4
Aljabar Linier
3
Fisika Dasar 2
3
Pengantar Sistem Digital
4
Jumlah
20

Semester 3
Mata Kuliah
SKS
MPK Agama
2
Matematika Diskret 2
3
Statistika & Probabilitas
4
Perancangan & Pemrograman Web
3
Pengantar Organisasi Komputer
3
Matematika Dasar 2
4
Jumlah
19

Semester 4
Mata Kuliah
SKS
MPK Bahasa Inggris
3
MPK Seni & Olahraga
1
Sistem Operasi
4
Basis Data
4
Teori Bahasa & Automata
4
Pemograman Deklaratif
3
Jumlah
19

Semester 5
Mata Kuliah
SKS
Rekayasa Perangkat Lunak
3
Pemrograman Sistem
3
Sistem Cerdas
4
Penulisan Ilmiah
2
Jaringan Komputer
4
Kuliah Pilihan Bidang Minat
3
Jumlah
19

Semester 6
Mata Kuliah
SKS
Analisis Numerik
3
Desain & Analisis Algoritma
4
Proyek Perangkat Lunak
6
Kuliah Pilihan Bidang Minat
6
Jumlah
19

Semester 7
Mata Kuliah
SKS
Kerja Praktik
3
Kuliah Pilihan Bidang Minat
6
Kuliah Pilihan Lain
5
Jumlah
14

Semester 8
Mata Kuliah
SKS
Komputer & Masyarakat
3
Kuliah Pilihan Bidang Minat
6
Kuliah Pilihan Lain
5
Jumlah
14

Lama Studi
Pendidikan tingkat sarjana (S1) di Fasilkom UI mencakup perkuliahan sejumlah 144 SKS yang dapat diselesaikan dalam waktu 4 tahun. Mahasiswa berhak menyandang gelar Sarjana setelah memperoleh minimum 144 sks sesuai persyaratan kurikulum yang ditetapkan. Ditawarkan juga pilihan bagi yang berminat untuk melakukan proyek akhir atau skripsi sebagai tugas akhir kuliah.

Penerimaan Mahasiswa

Informasi  jalur  penerimaan mahasiswa, selengkapnya dapat dilihat padawww.simak.ui.ac.id. Informasi pendaftaran online calon mahasiswa baru, selengkapnya dapat mengacu pada www.penerimaan.ui.ac.id

Karir Kelulusan
Lulusan-lulusan S1 Reguler Fasilkom UI diterima di kalangan bisnis dan industri sebagai tenaga-tenaga di bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi yang berkualitas tinggi. Hasil kajian pelacakan alumni menunjukkan bahwa 90% dari lulusan Program Studi Ilmu Komputer. Informatika mendapatkan pekerjaan kurang dari 3 bulan setelah kelulusannya.
Menurut survei yang dilakukan secara berkala, sebagian besar lulusan Fasilkom UI bekerja di dalam maupun luar negeri di berbagai perusahaan nasional dan multinasional yang bergerak di bidang konsultan IT, perbankan, industri perangkat lunak dan jasa lainnya. Sebagian lainnya bekerja di institusi pemerintahan/ perguruan tinggi, atau meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (S2 atau S3) di dalam dan luar negeri. Beberapa posisi yang ditempati antara lain: system analyst, IT manager, peneliti, web developer, database administrator, network administrator, dan software engineer.






No comments:

Post a Comment