Selamat Datang Saya Achmad Setiaji -Mencoba Berbagi Pengetahuan - Selamat Membaca

Monday 12 October 2015

Cara Forget Network Pada Windows 7 dan Windows 8.1

Biasanya jika kamu sering connect ke jaringan Wi-Fi, maka jaringan Wi-Fi yang pernah di-connect tersebut juga akan tersimpan dalam bentuk profile, tujuannya tentu saja untuk memudahkan pengguna jika ingin kembali connect ke jaringan Wi-Fi tersebut tanpa harus memasukkan passwordnya lagi (apabila jaringan Wi-Fi tersebut menggunakan password).

Di Windows 7, untuk memanajemen/menghapus profile Wi-Fi Network yang sudah pernah di-connect, masih bisa dilakukan melalui Control Panel (View: Small/Large Icons) > Network and Sharing Center > Manage wireless networks (di sebelah kiri).

Namun, di Windows 8 dan 8.1, sayangnya setting tersebut dihilangkan dari Control Panel. Sehingga, pengguna akan mengalami kesulitan jika ingin memanajemen/menghapus profile Wi-Fi Network yang sudah pernah di-connect. Profile Wi-Fi yang sudah tersimpan tersebut akan terus menumpuk dan tentu saja akan mengganggu, apalagi jika jaringan Wi-Fi tersebut sudah berganti SSID ataupun password-nya.

Untuk itu, ini dia ada tips yang bisa dilakukan untuk menghapus profile jaringan Wi-Fi yang sudah pernah di-connect di Windows 8 dan Windows 8.1, atau istilahnya, forget Wi-Fi network.

1. Pertama, jalankan Command Prompt dengan Run as Administrator, caranya dengan menekan tombol Windows + X lalu mengklik Command Prompt (Admin).


2. Setelah terbuka, ketikkan perintah di bawah ini dan tekan Enter:
Code:
netsh wlan show profiles
 
Perintah di atas berguna untuk menampilkan profile jaringan Wi-Fi apa saja yang sudah pernah di-connect.

 3. Untuk menghapus profile jaringan Wi-Fi yang sudah pernah di-connect tersebut, ketikkan perintah di bawah ini lalu tekan Enter:
NB: profile_name (yang diberi warna merah tersebut) bisa kamu ganti dengan nama SSID profile jaringan Wi-Fi yang sudah pernah di-connect tersebut. 4. Jika berhasil, akan muncul pesan konfirmasi seperti di bawah ini:
5. Untuk menghapus semua profile jaringan Wi-Fi yang sudah pernah di-connect tersebut, ketikkan perintah di bawah ini dan tekan Enter:
Code:
netsh wlan delete profile name=* i=*
 
Special Thanks To http://forum.winpoin.com/threads/cara-menghapus-profile-wi-fi-network-di-windows-8-8-1.1268/

No comments:

Post a Comment